NAMA: SITI FAHRIYAH
NIM : 115020201111033
UJIAN TENGAH SEMESTER E-COMMERCE
1. SOAL
Jelaskan
infrastruktur apa saja yang harus ada agar bisnis online anda bisa berjalan
dengan baik?
JAWAB
Banyak perusahaan telah membuktikan bahwa infrastruktur e-business
dapat memberikan manfaat langsung terhadap perusahaan dan bagi kelangsungan
hidup perusahaan tersebut. Infrastruktur e-business terdiri dari
berbagai macam komponen teknologi informasi yang memberikan layanan bersama dan
menyediakan kemampuan untuk menjalankan berbagai aplikasi bisnis. Aplikasi
bisnis tersebut melakukan berbagai macam proses bisnis pada perusahaan yang
memungkinkan untuk mengubah kondisi bisnis perusahaan menjadi lebih baik.
Dua hal yang sangat dibutuhkan perusahaan adalah
infrastruktur e-business serta aplikasi bisnis yang efektif untuk memenuhi
peningkatan kebutuhan pelanggan tanpa meningkatkan biaya. Oleh karena itu,
komponen infrastruktur e-business yang dimiliki harus dapat mencerminkan
implementasi aplikasi bisnis utama dan selaras dengan strategi bisnis
perusahaan.
Infrastruktur e-Business adalah salah satu perangkat keras dan perangkat lunak yang mana
digunakan untuk mengirim suatu e-busseniss layanan kepada kariyawan, pelanggan
maupun mitra diaman infrastruktur e-Business sendiri digunakan sebagai suatu
penunjang kegiatan.
Infrastruktur
e-Business terdiri dari 5 layer yaitu:
1.
E-business
Services applications.
Layer pada proses e-business yang merupakan bentuk strategi
bisnis dalam bentuk jaringan, pemodelan, konsep untuk memberikan pelayanan dan
mencapai suatu target menggunakan aplikasi. Contoh: CRM, SCM.
2.
Systems
software
Layer e-business ini merupakan perangkat lunak yang
digunakan sebagai pendukung proses e-business dalam mencapai suatu tujuan dari
tiap rencana serta target dari suatu perusahaan. Contoh: Web browser, server
software, DBMS Transport or Network.
3.
Transport
or Network
Pada layer ini e-business merupakan peralatan melalui sebuah
jaringan yang mana mempermudah setiap kegiatan bisnis. Contoh: Physical network.
4.
Storage/Physical
Lapisan di mana mencakup penyimpanan data baik yang
tersimpan di dalam penyimpanan magnetis di dalam server web ataupun media
penyimpanan sementara. Contoh: RAM.
5.
Content
and Data
Lapisan yang mencakup isi dari data yang tersimpan seperti data
konsumen, data transaksi dan lain sebagainya. Contohnya Web Content dan data
Transaksi.
Sumber:
2. SOAL
Bagaimana
kondisi infrastruktur tersebut di Indonesia? Uraikan dengan data-data pendukung
yang relevan dan sumber-sumber terpercaya (sebutkan sumber-sumber yang menjadi
acuan anda)
JAWAB
Kondisi
infrastruktur memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan tingkat perkembangan
suatu bisnis. Penyediaan infrastuktur ini merupakan faktor kunci dalam
mendukung suatu bisnis yang dijalankan. Keadaan infrastuktur Indonesia secara
keseluruhan jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga dapat dianggap
belum maju.
E-Business sedang berproses untuk mencari keseimbangan dalam banyak
faktor. Infrastruktur adalah faktor dengan pengaruh paling besar. Sebagai
contoh, gardu pembangkit listrik merupakan pendistribusian tenaga listrik di
suatu tempat atau daerah. Jika kita ingin menjalankan perangkat keras komputer maka
akan membutuhkan tenaga listrik sebagai faktor utama untuk menjalankan sebuah
komputer. Namun jika di suatu daerah tersebut terdapat gardu listrik dan sudah
berdiri di satu daerah, namun infrastruktur listrik tidak memadai tentu proses
bisnis dengan cara termutakhir tidak dapat berjalan baik di sana.
Dapat dilihat bahwa dari tahun ke tahun konsumsi listrik di
Indonesia terus meningkat. Namun peningkatan konsumsi ini seharusnya didukung
oleh penambahan kapasitas produksi listrik dari pembangunan pembangkit-pembangkit
listrik baru.
Perkembangan infrastruktur kelistrikan di Indonesia
dirasakan masih jauh dari mencukupi. Biaya sambungan yang mahal membuat tingkat
pemasangan listrik di Indonesia termasuk rendah di Asia. Selain itu,
pembangunan jaringan listrik di Indonesia juga masih belum merata.
Sumber:
lontar.ui.ac.id/file?file=digital/125998-6699-Pengaru%20infrastruktur-Analisis.pdf
kondisi infrastruktur di Indonesia
3.
SOAL
Jelaskan
bagaimana perilaku pembelian online oleh konsumen di Indonesia!
JAWAB
Pesatnya perkembangan internet kian
memengaruhi perilaku konsumen, termasuk dalam melakukan transaksi komersial.
Masyarakat dunia kini mulai gemar belanja online. Tingginya perkembangan
pengguna internet di Indonesia juga diiringi dengan peningkatan volume
transaksi yang semakin pesat melalui media internet.
Belanja online, satu perilaku yang
kini terus tumbuh di masyarakat, khususnya mereka kaum urban. Kemajuan
teknologi informasi serta kemudahan akses internet menjadi satu penyebab
meningkatnya pembelanjaan online. Tetapi, seperti jamaknya konsumen
Indonesia, sebelum melakukan transaksi belanja online, mereka umumnya
mencari informasi terdahulu sebelum membeli. Sebagian besar konsumen belanja
online melakukan riset produk melalui mesin pencari (search engine) dan
jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.
Menyadari akan hal itu, kini berbagai toko online
menghadirkan beragam gambar produk lengkap dengan daftar harga, tingkat
kualitas, hingga spesifikasi dan keunggulan barang. Berbagai informasi itu
mesti ada agar konsumen mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang
ditampilkan di laman toko online.
Para pembelanja online juga biasanya bertanya kepada teman
mengenai produk yang ingin dibeli. Dengan dua tindakan, yaitu riset dan
bertanya ke lingkungan sekitar, pembelanja online akan lebih yakin untuk segera
berbelanja. Namun masyarakat masih mengkhawatirkan soal keamanan dan
kenyamanan. Kualitas produk dan keamanan data atau detail keuangan merupakan
pertimbangan utama dalam berbelanja online. Di samping itu,
keinginan menyentuh atau memegang produk juga merupakan hambatan umum.
Perilaku konsumen yang lebih mementingkan waktu daripada
harga merupakan cara berpikir masyarakat yang semakin berkembang. Dengan
berbelanja online, para karyawan tetap bisa menyelesaikan pekerjaan
mereka di kantor. Sementara bagi mahasiswa, mereka tidak perlu ke pasar ritel
atau mal dengan meninggalkan jam perkuliahan.
Dengan begitu, belanja online merupakan satu cara
transaksi bisnis yang berkembang di era modern. Aksi pembelian tidak perlu
dilakukan secara bertatap muka antara pembeli dengan penjual. Pihak konsumen
tinggal melakukan transaksi ke rekening yang tercantum di laman toko online
yang tersedia. Metode pembayaran by transfer di mesin anjungan tunai
mandiri (ATM) lebih banyak dipilih karena sistem keamanan yang terjamin.
Salah satu temuan Google tersebut, adalah produk apa yang
sebenarnya konsumen cari di gerai online atau situs-situs e-commerce. Ternyata
produk paling dicari oleh konsumen online Indonesia adalah berbagai produk
fashion seperti seperti baju, sepatu, dan tas. Sejumlah produk itu paling
digemari konsumen karena lebih banyak pilihan dan proses transaksi, serta
pengiriman yang relatif cepat dan mudah. Survei menunjukan bahwa satu dari
empat konsumen belanja online karena didorong faktor kenyamanan, bukan harga.
Sumber:
4. SOAL
Dengan
melihat perilaku pembelian online oleh konsumen Indonesia itu, jelaskan peluang
dan tantangan yang dihadapi para pelaku bisnis online
JAWAB
Bisnis
Online seakan telah menjadi bagian
hidup bagi para pebisnis. Banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh bisnis
online inilah yang menjadikan Bisnis Online menjadi pilihan wajib bagi para pebisnis.
Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Bisnis
Online kepada para pelakunya adalah jangkauan pasar yang sangat luas, waktu dan
tempat yang flexibel dan tidak ada yang bisa memerintah kita. Hal ini jika
dilihat dari kaca mata pebisnis jelas merupakan sebuah peluang yang sangat
bagus dan besar untuk melebarkan sayap bisnis mereka bahkan hingga sampai ke
tingkat Internasional.
Selain itu, Indonesia
sempat masuk dalam daftar negara dengan potensi pertumbuhan industri e-commerce
yang cerah, namun hal itu tidak membuat perjalanan industri e-commerce
Indonesia berjalan mulus. Bahkan sempat pula dikatakan masih banyak pelaku
industri yang merugi. Ada empat tantangan yang mungkin harus dihadapi oleh
industri e-commerce Indonesia.
1.
Banyaknya pengguna Internet yang tidak sejalan dengan tingkat
penjualan e-commerce.
Indonesia yang dikenal sebagai negara berpenduduk
terbanyak keempat di dunia diketahui memiliki jumlah pengakses internet yang
juga cukup banyak. Namun tidak disangka hal tersebut rupanya tidak
berdampak cukup baik terhadap tingkat penjualan e-commerce di
Indonesia.
Walau begitu, diproyeksikan pertumbuhan nilai
penjualan e-commerce Indonesia ditargetkan akan bertumbuh dua kali
lipat pada tahun-tahun mendatang, yang diikuti pula dengan pertumbuhan mobile
commerce di Indonesia yang diprediksi akan ikut mendongkrak pertumbuhan
ini. Belum lagi dengan bertumbuhnya pengguna internet di wilayah Indonesia
timur juga mampu mendatangkan potensi yang positif bagi bisnis e-commerce
Indonesia.
2. Akses belanja online di Indonesia
masih didominasi oleh kalangan professional
Mayoritas trafik
tertinggi dalam aktivitas belanja online berkisar di dalam waktu
“jam-jam kantor”. Trafik pembelanjaan online akan meningkat lagi di
waktu sore hari atau setelah para pekerja selesai istirahat makan siang. Hal
ini menurutnya dikarenakan para pembelanja lebih merasa mudah mengakses
situs-situs e-commerce di kantornya ketimbang mengaksesnya di rumah.
Masalah ini berkaitan dengan masih lambatnya koneksi jaringan internet di
rumah.
3. Konsumen Indonesia masih menyukai
belanja online lewat cara “konvensional”
Walau sudah serba online, nyatanya konsumen
Indonesia saat ini masih jauh lebih menikmati belanja online dengan
cara lama seperti lewat grup di BlackBerry Messenger (BBM), classified
marketplace, forum, hingga layanan jejaring sosial seperti Facebook dan
lain-lain. Semua layanan ini merupakan sistem belanja online yang bisa
mempertemukan antara penjual dan pembeli (C2C). Kondisi ini memberikan suatu
kesimpulan singkat akan tingkat kepercayaan konsumen di Indonesia masih
dipertaruhkan.
4. Masih terbatasnya layanan pembayaran
dan keperluan logistic
Tantangan ini
bisa membuktikan bahwa e-commerce bisa menjadi solusi terbaik bagi
konsumen Indonesia di tengah-tengah buruknya infrastruktur transportasi. Untuk
masalah pembayaran, walau saat ini telah banyak penyedia layanan pembayaran online
yang bermunculan, nyatanya para pelaku e-commerce saat ini masih
banyak mengadopsi layanan pembayaran manual dengan transfer antar
rekening maupun kartu kredit. Masalah seperti ini juga seharusnya menjadi isu
yang patut diperhatikan oleh para pelaku e-commerce demi memajukan
iklim industri e-commerce Indonesia di masa mendatang.
Sumber:
5. SOAL
Jelaskan
bagaimana cara untuk menentukan domain name bisnis online
JAWAB
Ketika ingin memiliki
toko online maka nama domain harus dipikirkan terlebih dahulu. Domain harus
unik dan sesuai dengan apa yang dijual atau sesuai dengan merek yang dimiliki.
Tidak sedikit pelaku toko online gagal karena memiliki domain toko online yang
sulit untuk disebutkan. Ada beberapa hal yang harus dipahami dalam menentukan
nama domain toko online yang akan kita jalani seperti berikut ini:
1.
Merek
Ketika
usaha kita sudah memiliki merek maka sebaiknya nama merek tersebut yang
dijadikan nama domain. Jika nama merek yang dijadikan domain maka merek tersebut
akan semakin dikenal oleh orang banyak, selain itu kita akan semakin mudah
menemukan komunitas merek karena sudah memiliki wadah online untuk saling
berkomunikasi atau berkomentar tentang produk baru dari merek yang Anda jual.
2.
Market yang Ingin Dituju
Jika
Anda belum menemukan nama merek sendiri atau produk yang dijual berbagai macam
merek namun Anda mengalami kebingungan menemukan nama domain maka yang harus
dilakukan adalah menganalisa market yang ingin dituju. Apakah market tersebut
seorang wanita, pria, tua, muda atau market yang ingin dituju adalah komunitas
tertentu seperti komunitas olahraga, komunitas motor.
Dengan
menemukan komunitas yang ingin dituju, maka Anda akan menemukan domain toko
online dengan mudah. Contoh jika target Anda adalah komunitas motor dan produk
yang dijual adalah perlengkapan motor, Anda bisa menamakan
accessoriesmotor.com, sparepartmotor.com, dan masih banyak lagi ide-ide yang
akan muncul.
3.
Penggunaan Huruf
Nama
domain jangan juga yang aneh atau sulit disebutkan dan mengandung makna lebih
dari satu. Pastikan nama domain yang ingin diberikan mudah untuk diingat.
Berilah nama dengan pelafalan yang baik seperti sepatu.com, sepatuku.com. Jika
nama tersebut telah tersedia, Anda bisa menambahkan satu kata atau 2 kata
seperti sepatuanak.com atau keranjangsepatuku.com. Untuk pemberian nama domain
sebaiknya maksimal 3 kata, karena jika lebih dari 3 kata maka pengunjung toko
online akan merasa kesulitan untuk mengetiknya.
4.
Produk yang Dijual
Untuk
memudahkan Anda menemukan nama domain, Anda bisa menggunakan produk atau usaha
yang Anda jual. Contoh jika Anda menjual risoles, Anda bisa memberikan nama
risoles.com, risolesenak.com.
Tips Menentukan Nama Domain Anda
1. Mudah
Untuk Diingat
Menurut beberapa
orang, dua puluh huruf adalah jumlah maksimal untuk nama sebuah domain. Karena
jika lebih dari jumlah tersebut, bisa dipastikan domain anda akan sulit untuk
diingat.
2. Mudah
Diucapkan
Sebenarnya saat kita
mudah mengucapkan sebuah nama, maka kita juga akan mudah juga mengingatnya.
Jadi tentukan nama domain yang sangat mudah untuk diucapkan.
3. Ekstensi
yang digunakan pas
Seperti kita
ketahui, jika suatu domain pasti akan selalu diakhiri dengan ekstensi .com,
.net, .org, .co.id, ac.id, .go.id dan lainnya. Maksud dari ekstensi yang pas
sendiri yaitu jangan sampai anda memilih nama domain yang tidak cocok dengan
isi blog. Misalnya blog tentang games, anda pasang di domain ac.id.
4. Memakai
Keyword atau nama pribadi
Jika anda akan
membuat blog pribadi maka tidak ada salahnya untuk memakai nama pribadi anda
pada domain. Jika anda mempunyai kata kunci untuk dioptimasi, maka sangat
dianjurkan untuk menyisipkan kata kunci tersebut sebagai nama domain. Misalnya
saya mempunyai produk obat diabetes, maka saya akan membeli domain yang
terdapat kata tersebut obat-diabetes.net.
Sumber:
6. SOAL
Jelaskan
bagaimana cara mengelola domain name yang anda miliki
JAWAB
Berikut
cara untuk mengelola domain .id Drupadi Hosting.
Username:
email anda pada saat registrasi di drupadi.com
Password:
passwordnya
Jika
anda lupa password, silahkan melakukan permintaan ulang password/Forgot
Password
2.
Melalui dashboard client area, anda
dapat memilih domain yang akan di kelola.
3.
Management domain yang dapat anda
lakukan:
a.
Domain Detail: Berisi menu detail
account dan status perpanjangan domain.
b.
Whois: Data domain anda pada saat di
whois di internet.
c.
Name Server: Perubahan Name Server dan
pembuatan Child Name Server.
d.
Security: Berisi Epp Code, Penguncian
Transfer dan Penguncian Registrar/Customer.
e.
Document: Upload dokumen persyaratan
domain .id.
f.
Notification: Berisi notifikasi domain.
g.
DNS Management: mengaktifkan DNS anda
tanpa installasi DNS Server.
7. SOAL
Jelaskan
apa yang anda ketahui tentang search engine optimization. Langkah-langkah apa
saja yang harus dilakukan dalam search engine optimization
JAWAB
SEO (Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Pencari) adalah
serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume/jumlah/kepadatan dan kualitas trafik/traffic kunjungan
melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme
kerja atau logaritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs
web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian
berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang
menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar
untuk mendapatkan pengunjung.
SEO
ini adalah sebuah teknik yang bisa mempopulerkan website anda. Cara kerja SEO
ini adalah dengan menempatkan website anda di jajaran teratas daftar pencarian
di mesin pencari semacam Google, Yahoo Search, Bing, dan lain sebagainya. SEO
ini adalah sebuah teknik yang akan memaksimalkan sebuah kata kunci atau keyword
yang mengandung nama produk yang anda jual atau nama perusahaan anda. Kata
kunci ini kemudian akan ditempatkan di dalam artikel dalam website anda.
Kunjungan pengunjung melalui Mesin
Pencari juga biasa disebut dengan "trafik alami" sedangkan pengunjung
yang datang karena adanya sponsor atau ajakan kepada teman adalah kebalikan
dari "trafik alami" hal itu tidak termasuk SEO walaupun nantinya ada pengaruhnya buat SEO itu sendiri.
Keuntungan melakukan teknik SEO
- Karena blog atau website menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian menggunakan search engine maka kemungkinan besar blog atau website tersebut dibanjiri oleh pengunjung
- Menjadi salah satu cara dalam meningkatkan daya saing
- Dapat meningkatkan penjualan produk
SEO dibagi menjadi dua bagian yakni:
1.
SEO on-page yaitu sebuah teknik yang
dilakukan mengoptimasi sebuah blog atau website dari dalam blog atau website
itu sendiri.
2.
SEO off page yaitu sebuah teknik yang
dilakukan mengoptimasi blog atau website dari luar blog atau website tersebut.
Langkah - langkah menerapkan SEO
1. SEO on-page
Selanjutnya benahi situs anda agar mengikuti kaidah-kaidah dari algoritma mesin pencari, termasuk juga memasukkan kata kunci yang telah anda riset sebelumnya.
Pengoptimalan SEO
on-page meliputi:
·
Memasukkan kata kunci pada title tag dan
usahakan jumlah karakter pada title tidak lebih dari 70 karakter.
·
Memasukkan kata kunci pada meta
description dan usahakan jumlah karakter huruf tidak lebih dari 156 karakter.
·
Memaksimalkan inbound link atau link
building.
2. SEO off page
Pada optimasi ini anda lakukan di luar situs
anda untuk mendapatkan backlink berkualitas yang merujuk pada situs anda. Ada
bermacam-macam jenis backlink seperti dari sosial bookmark, dari forum, maupun
dari komentar dari blog-blog yang banyak dilakukan oleh teman-teman blogger.
3. Riset
keyword
Jika situs anda masih terbilang baru, anda harus
tahu kata kunci apa saja yang perlu anda kuasai dalam membidik kata kunci yang
tepat untuk situs anda. Dan untuk mengenali atau mengetahui siapa saja yang
menjadi kompetitor anda, anda bisa melihat melalui search engine dengan
memasukkan kata kunci tersebut di google.
Sumber:
8. SOAL
Menurut
anda mesin pencari manakah yang efektif untuk mendukung bisnis online dari
mesin-mesin pencari google.com, yahoo.com dan ask.com. Jelaskan alasan anda!
JAWAB
Mesin
pencari yang efektif untuk mendukung bisnis online adalah google.com. Google adalah alat pencarian sejuta
umat. Dia paling banyak digunakan orang-orang untuk mencari berbagai referensi.
Karena itu Google bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan kecil untuk
mempromosikan website mereka. Google akan mampu membantu siapa saja yang sedang
mencari informasi. Selain itu Google dapat membantu meningkatkan traffic
website bisnis kita.
Maka
disini yang mampu membedakan bisnis online anda dengan kompetitor anda adalah
sejauh mana anda bisa memaksimalkan fungsi dari alat-alat terapan Google. Terdapat
10 tools Google untuk bisnis Anda:
1. Adwords Express
Iklan
yang tertera di halaman Google adalah layanan Google Express. Berbagai
macam barang dan jasa yang di iklankan di Google Express akan membantu
meningkatkan trafik kunjungan dari mesin pencari ketika anda tidak memiliki
banyak waktu untuk mengatur bisnis anda secara digital.
2. Google + Business
Dalam
Google+, anda dapat memberikan tautan-tautan berupa foto atau video tentang
usaha anda. Sebuah post dalam Google+ juga dapat dibuka oleh umum, sehingga
siapapun bisa mencari post anda. Selain itu, Google+ juga memiliki fitur
“circles”. Fitur ini berguna untuk menyebarkan infromasi pada orang-orang yang
tepat. Bahkan fitur video chatpun dapat anda gunakan untuk customer yang
memerlukan informasi secara mendalam.
3. Google Analytics
Google
Analytics adalah alat yang tepat untuk membantu anda mengukur kesuksesan usaha
anda. Google Analytics disediakan gratis dan dari sini, anda dapat mengetahui
bagaimana engagement dengan customer anda. Siapa yang melihat website anda, apa
saja yang dilihatnya dan masih banyak lagi. Ketika anda sudah mengetahui
analisanya, anda dapat mulai membuat suatu strategi dan cara untuk lebih
meningkatkan kualitas bisnis anda.
4. Google Offers
Google
Offers dapat membantu mencocokkan bisnis anda dengan customer yang relevan di
area Anda yang sedang mencari diskon. Dalam Google Offers, customer
sendiri membayar terlebih dahulu untuk diskon barang yang mereka pilih, dan
anda akan dibayar beberapa hari setelah penawaran berjalan.
5. Google AdSense
Google
Adsense adalah salah satu layanan yang ditawarkan google untuk berbisnis secara
gratis namun menghasilkan. Anda dapat memasukkan Google kedalam website anda
dan mendapatkan uang dari iklan yang ada di Google tersebut. Google Adsense
juga menyediakan penelusuran Google kepada pengguna situs anda dan memperoleh
penghasilan dengan menampillkan iklan Google pada lama hasil penelusuran.
6.
Google Keyword Planner
Ketika
sebuah kata kunci sudah tercipta, selanjutnya anda pasti ingin mengetahui
seberapa banyak uang yang harus anda keluarkan untuk itu semua. Anda akan
mendapatkan laporan mengenai estimasi rata-rata biaya perklik, estimasi total
biaya klik dan total estimasi biaya per kata kunci. Di dalam Keyword Planner
sudah terdapat Google Keyword Tools dan Google Traffic Estimator.
7. +1 Button
Di
Google sebuah kata-kata akan mampu tersebar dengan cepat dan terdapat jutaan
kata yang menjadi kata kunci. Di dalam Google terdapat tombol Google +1, tombol
ini akan membuat customer lebih mudah untuk membagi pengalamannnya tentang
bisnis anda. Testimonial seperti ini tentu saja akan membantu usaha anda untuk
mendapatkan customer yang lebih banyak. Tombol +1 ini ter-connect dengan Google
+ yang dapat membuat customer lebih mudah memberikan rekomendasi ketika memulai
perbincangan dengan teman-temannya.
8. Google Mobile
Penggunaan
mobile untuk berbisnis tentu saja bukan hal yang sulit. Hal ini dimanfaatkan
para pebisnis untuk membidik konsumen yang sedang bingung mengambil keputusan.
Dan pastikan juga website anda menyediakan fasilitas mobile agar customer bisa
mengakses website anda dari manapun dan kapanpun.
9. Google Apps For Business
Berkomunikasi
dengan customer dan potensial customer adalah kunci sebuah usaha dapat maju.
Google menawarkan sebuah fitur online yang sudah siap untuk bisnis, termasuk
email, kalender dan dokumen.
10. Google Developer
Google juga menyediakan sejumlah tools untuk Developer Website Anda.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar